Wisata Belanja Di Kawasan Pemkot Cimahi
Suasana ini hampir sama dengan suasana di Brigif, namun sepertinya Brigif sedikit lebih ramai.
Pasar Recok
Pasar yang terletak di Kecamatan Cimahi Selatan , Kota Cimahi ini juga dikenal menjual beberapa komoditas dengan harga lebih murah dibandingkan dengan pasar tradisional lainya.
Uniknya para pedagang para pedagangnya berjualan di 3 tempat sekaligus yaitu jam 06.00 berjualan di jln Gempol atau tepatnya berada di depan pabrik Kahatex, kemudian jam 08.00 pindah ke jln sukamaju dan pada jam 10.00 mereka berjualan di PLN. Jarak antar tempat tersebut memang tidak terlalu jauh, cuma 1 km saja.
Dalam berjualanpun mereka menggunakan sarana yang berbeda-beda, ada yang menggunakan gerobak, ada yang hanya ngampar/menggelar plastik terpal dan adapula yang menggunakan sepeda motor.
Pedagangnya didominasi warga di luar Cijerah, seperti Cianjur, Cipatat dan daerah lainnya, dengan jumlah pedagang mencapai 70 orang.
Mereka dipungut biaya Rp.500 untuk biaya keamanan dan kebersihan oleh para pengurus yang notabene adalah karang taruna dari warga setempat.
Hampir setiap hari para pedagang pasar recok menggelar daganganya, kecuali pada hari minggu jumlah pedagang jauh berkurang karena mereka lebih tertarik untuk berjualan di tempat-tempat seperti Brigif, Gasibu dan Zipur yang selalu ramai setiap hari minggu.
Yogya Plaza Cimahi
Terletak di jalan Amir Machmud dekat rumah sakit umum Cibabat pusat perbelanjaan ini sudah beroperasi pada minggu ke dua bulan september 2008.
Kehadiran Yogya Plaza tentu saja menjadi pesaing baru bagi pusat-pusat perbelanjaan lain yang sudah ada sebelumnya di Kota Cimahi.
Pengelola Yogya Plaza cukup jeli dengan mengambil momen bulan Ramadhan dalam memulai operasionalnya, ini terlihat dengan ramainya pengunjung di awal bukanya Yogya Plaza.
Namun efek dari keberadaan Yogya Plaza adalah munculnya titik baru kemacetan di Kota Cimahi.
Pasar Antri Baru Cimahi
Pasar Antri Baru adalah sebuah pasar tradisional yang berada di kota Cimahi.
Letaknya berada dikawasan yang dulu bernama lapangan Sriwijaya.
Pasar berlantai dua ini mempunyai struktur bangunan yang cukup bagus.
Lantai satu banyak digunakan oleh para pedagang makanan dan sembako, sementara lantai dua banyak digunakan oleh para pedagang pakaian. Beberapa toko mas juga ada dilantai dua ini.
Namun tidak semua kios dipasar ini terjual, ini bisa dilihat dari banyaknya kios yang kosong, terutama dilantai dua sebelah barat.
Puncak keramaian dipasar ini biasanya pada pagi hari, karena kebanyakan para pelanggannya adalah orang yang membuka warung dan membeli barang daganganya ditempat ini. Letaknya berada dikawasan yang dulu bernama lapangan Sriwijaya.
Pasar berlantai dua ini mempunyai struktur bangunan yang cukup bagus.
Lantai satu banyak digunakan oleh para pedagang makanan dan sembako, sementara lantai dua banyak digunakan oleh para pedagang pakaian. Beberapa toko mas juga ada dilantai dua ini.
Namun tidak semua kios dipasar ini terjual, ini bisa dilihat dari banyaknya kios yang kosong, terutama dilantai dua sebelah barat.
Wisata Belanja di Lapangan Brigif Cimahi
Banyaknya warga yang melakukan aktivitas olahraga disini, tentu saja menarik perhatian para pedagang yang menangkap peluang ini.
Maka seiring dengan waktu jumlah pedagangpun semakin banyak, hal ini tentu menjadi perhatian pihak Brigif untuk mengatur dan memberlakukan biaya restribusi kepada para pedagang rata-rata Rp.2000 untuk biaya pemeliharaan dan pengelolaan sekitar lapangan Brigif.
Semakin banyaknya pedagang juga semakin menarik warga yang tidak berniat olahraga tetapi datang ke Brigif memang
Sengaja untuk berbelanja atau ada yang hanya sekedar jalan-jalan dan cuci mata saja.
Lama kelamaan tempat olahraga ini akhirnya berubah menjadi sebuah tempat wisata belanja setiap hari minggu pagi, orang mulai ramai sekitar jam 05.30 sampai sekitar jam 10.00, sedangkan para pedagang sudah banyak yang datang sebelum subuh.
Jalan aspal yang mengelilingi lapangan Brigif semuanya sudah dipenuhi oleh para pedagang, hampir tidak ada sela antara gelaran pedagang yang satu dengan yang lainnya, bahkan jalan itu di bagi dalam tiga lajur, belum lagi para pedagang yang berada diluar areal lapangan Brigif.
Barang dagangan yang dipajang dan ditawarkan bermacam-macam dari jajanan anak kecil ,pakaian, kelontong, aksesoris, mainan anak, konten hp sampai motor ada disini, bisa dibayangkan berapa banyak perputaran uang ditempat ini setiap minggunya.
Dari gambaran diatas, keberadaan lapangan Brigif sebagai tempat wisata belanja mingguan telah banyak menguntungkan banyak pihak.
Para pedagang diuntungkan karena diberi tempat untuk berdagang, Brigif diuntungkan dari biaya restribusi pedagang dan perparkiran, sedangkan warga diuntungkan karena dapat berolahraga, sekedar jalan-jalan atau berbelanja ditempat ini dengan berbagai macam pilihan,baik berupa barang ataupun berupa makanan.
Buana Supermarket
Kesiapan Buana Supermarket untuk bersaing terlihat ketika Pemilik Buana memperbaiki bentuk fisik bangunanya seiring dengan pengoperasian jalan Gandawijaya sebagai jalan utama yang di lalui berbagai kendaraan serta menjelang di bukanya pusat perbelanjaan besar Cimahi Mall.
Mampukah Buana mempertahankan eksistensinya ditengah persaingan yang ketat dan daya beli masyarakat yang makin menurun akibat kenaikan harga BBM.
Cimahi Mall
Ramayana Cimahi
Pusat-pusat perbelanjaan di kota Cimahi makin bertambah banyak dengan bermunculanya Supermarket, Minimarket dan Mall baru. Namun hal itu tak menggoyahkan Ramayana yang merupakan pemain lama dalam bisnis ritel di kota Cimahi.
Selain sudah mempunyai nama besar karena merupakan bagian dari Ramayana grup yang memang mempunyai jaringan luas yang tersebar di kota-kota lain di Indonesia, Ramayana Cimahi juga letaknya sangat strategis karena berada di pusat kota.
Bangunan yang dulunya adalah sebuah bioskop terkenal yang bernama Cimahi Mekar ini masih banyak di minati oleh para konsumennya, ini terbukti dengan masih banyaknya pengunjung yang datang terutama di setiap akhir pekan. Persaingan bisnis ritel di kota Cimahi ke depan nampaknya akan semakin seru karena kemungkinan akan ada pusat perbelanjaan baru di kota Cimahi yang akan menjadi tantangan bagi Ramayana Cimahi dan pusat perbelanjaan lainya untuk menjaga eksistensinya.
Selain sudah mempunyai nama besar karena merupakan bagian dari Ramayana grup yang memang mempunyai jaringan luas yang tersebar di kota-kota lain di Indonesia, Ramayana Cimahi juga letaknya sangat strategis karena berada di pusat kota.
Bangunan yang dulunya adalah sebuah bioskop terkenal yang bernama Cimahi Mekar ini masih banyak di minati oleh para konsumennya, ini terbukti dengan masih banyaknya pengunjung yang datang terutama di setiap akhir pekan. Persaingan bisnis ritel di kota Cimahi ke depan nampaknya akan semakin seru karena kemungkinan akan ada pusat perbelanjaan baru di kota Cimahi yang akan menjadi tantangan bagi Ramayana Cimahi dan pusat perbelanjaan lainya untuk menjaga eksistensinya.
sumber : cimahifri.blogspot.com